Doa Memakai Pakaian

Pakaian merupakan kebutuhan pokok bagi semua orang di dunia. Manfaat pakaian ialah untuk melindungi diri dari kepanasan, kedinginan, dan menutup aurat. Pakaian juga mempunyai nilai estetika yang dapat memberikan keindahan serta kebaikan. Karena pakaian merupakan kebutuhan yang penting, penting sekali untuk mengetahui doa memakai pakaian.

Sebenarnya menutup aurat itu menjadi aktualisasi dari sifat manusia yang memiliki rasa malu. Dimana rasa malu tersebut akan menyebabkan manusia selalu berupaya untuk menutupi tubuhnya. Bagaimanapun bentuknya, upaya untuk menutupi tubuh tersebut akan selalu ada dalam diri manusia.

Bacaan Doa Memakai Pakaian

Pada hakikatnya, menutup aurat menjadi sebuah fitrah manusia yang harus dilakukan ketika mempunyai kesadaran. Yang dimaksud dengan kesadaran ialah sifat kemanusiaannya untuk menjaga rasa malu dan memelihara kehormatan. Berikut merupakan bacaan doa dalam memakai pakaian:

1.     Memakai Pakaian Lama

“Bismillaahi, Allaahumma Innii As-aluka Min Khairihi Wa Khairi Maa Huwa Lahuu Wa’a’uu Dzubika Min Syarrihi Wa Syarri Maa Huwa Lahuu.”

Artinya:

“Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau yang telah memakaikan pakaian itu kepadaku, aku meminta kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya (pakaian) dan kebaikan apa saja yang ia dibuat untuknya. Dan, aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa saja yang ia dibuat untuknya.“ (HR.Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Hakim).

Adapun makna berdoa ketika kita memakai pakaian lama, yakni:

·         Rasa Syukur Kepada Allah

Dalam doa tersebut, manusia diajarkan untuk selalu bersyukur atas pemberian Allah. Hal tersebut dikarenakan Allah telah menciptakan dan memberikan pakaian. Selain itu, kita juga bersyukur karena telah diberi kesadaran untuk memakai pakaian.

·         Meminta Pelindungan Dari Keburukan Pakaian

Berpakaian dapat memberikan kebaikan dan juga keburukan bagi manusia. Oleh karena itu, salah satu makna berdoa ialah meminta pelindungan dari keburukan yang ditimbulkan. Contoh keburukan pakaian yaitu kotor, cepat rusak, sering terkena najis, dan lain sebagainya.

2.     Memakai Pakaian Baru

“Alhamdu Lillaahil Ladzii Kasaanii Haadzaa Wa Rozaqoniihi Min Ghoiri Hawlim Minni Wa Laa Quwwatin.”

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang memberi pakaian ini kepadaku sebagai rezeki dari-Nya tanpa daya dan kekuatan dariku.” (HR. seluruh penyusun kitab Sunan, kecuali Nasa’i).

Maka dari doa tersebut hampir sama dengan doa memakai pakaian lama. Ada beberapa tambahan makna, yakni:

·         Mendapat Rezeki Pakaian

Perlu disadari bahwa pakaian merupakan pemberian atau karunia dari Allah tanpa campur tangan manusia.

·         Diberikan Kesadaran Untuk Menutup Aurat

Setelah mengaruniai pakaian, Allah memberikan kesadaran terhadap manusia untuk menutupi auratnya. Oleh karena itu, manusia sanggup menghindari bisikan setan untuk mengumbar aurat. Dalam hal ini terdapat dua kesadaran, yakni kesadaran bahwa pakaian tersebut dari Allah dan kesadaran yang telah menggerakkan hati manusia.

Fungsi Pakaian

Dalam Al Quran surah Al A’raaf ayat 26, menjelaskan bahwa terdapat tiga fungsi yang dimiliki pakaian. Berikut penjelasan mengenai fungsi pakaian:

1.     Sebagai Penutup Aurat

Aurat merupakan bagian tubuh yang dianggap tidak pantas atau cacat bagi agama untuk diperlihatkan. Maksud dari cacat ialah dapat memicu dari perilaku yang diharamkan dan tercela.

2.     Sebagai Perhiasan

Pakaian dapat berfungsi sebagai perhiasan, yang artinya dapat menciptakan keindahan. Dimana keindahan tersebut dapat mencerahkan pikiran, meringankan hati, dan menyejukkan mata.

3.     Sebagai Bentuk Takwa

Pakaian dapat membuat manusia terhindar dan tidak terjerumus dalam kesulitan, baik duniawi maupun ukhrawi.

Dapat disimpulkan bahwa pakaian merupakan hal yang penting bagi manusia. Pakaian juga dapat diartikan sebagai keinginan dan sumber kesan. Manusia yang tidak mengenakan pakaian secara sopan akan menimbulkan kesan negatif.